Rabu, 31 Desember 2008

Selangor : Batu Caves






Minggu pagi rencananya aku mau joging di taman tasik kepong metropolitan.
tapi rintik hujan mulai turun ketika aku dalam perjalanan menuju kesana.
akhirnya aku singgah dulu diwarung mamak yang letaknya deket dg batu caves.
aku milih sarapan tosei sementara suamiku makan roti canai.. anakku makan vadei.
sedap loh makanan2 diwarung ini. kalau siang ada nasi daun pisang. Hmm...

Setelah sarapan kami mutar2 disekeliling Batu caves. tak berapa lama gerimis dah berhenti.
Suamiku memarkir mobil tak jauh dari dataran batu caves.
sementara anakku yang berusia 1tahun 6bulan sibuk mengejar2 burung merpati.
memang banyak banget burung merpati disini.






Karena acara joging telah batal.. kamipun sepakat untuk naik ke Batu caves.
Oh ya, cerita sedikit tentang batu caves disini adalah kuil hindu yang terletak didalam goa batu diatas bukit. didalam goa sangat luas..
dengan hiasan stalaktit dan stalakmit sungguh sangat indah memikat hati.

untuk mencapai goa ini kita harus menaiki tangga yang berjumlah 272anak tangga.
di sepanjang tangga2 ini banyak monyet menunggu pengunjung untuk memberi makanan.
Hati2 kalau ada kulit pisang disini anda bisa terpeleset dan tergelincir ke bawah.
makanya kalau terjumpa kulit pisang segeralah buang jauh2 dari tangga..

Di depan tangga ini terdapat patung dewa muruga yang sangat besar dan tinggi dengan bersalut warna emas.

Kadang kalau pas hari sabtu atau minggu di kuil sebelah dewa muruga ini ada acara pernikahan adat india hindu.
Dan setiap tahun akan diadakan pesta Taipusam. kalau nggak salah adalah upacara pembersihan dosa gitu.. ada juga yg datang karena hajat/keinginan tercapai.

upacara dengan pipi ditusuk dengan lidi yg terbuat dari bambu dari hujung kiri hingga tembus ke pipi kanan.
sementara badan dan punggungnya dicantoli/digantung peniti dan benda2 tajam.
dengan dibandoli buah2an seperti jeruk dan sebagainya.
sementara yang lain akan membawa susu dan kelapa untuk persembahan dewanya.

Tips untuk kesini : Jangan pakai sepatu hag tinggi !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar